Hidup Ini Adalah Film Terbaik ^_^

Fungsi Perpheral Komputer

Fungsi Peripheral
Fungsi Peripheral
Mainboard merupakan bagian utama dari strukutur komputer yang mengikat semua komponen menjadi satu. Fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan chip microprosessor komputer dan menghubungkannya komponen komponen lain melalui slot atau port. Pada motherboard terdapat Bus Bus yang menghubungkan satu bagian motherboard ke bagian lainnya. Kecepatan bus biasanya merujuk pada FSB (Front Side Bus) yang menghubungkan CPU ke Northbridge. Pada motherboard terdapat :

1.Socket untuk microprosessor menentukan jenis Central Processing Unit (CPU) yang dipakai. Socket ini digunakan untuk menempatkan otak dari komputer yaitu Processor
2.Processor merupakan inti dari semua kinerja sebuah sistem di komputer dan peranannya sangatlah vital.
3.Chipset ,yaitu bagian logic system dari motherboard dan biasanya terdiri dari dua bagian : Northbridge dan Southbridge. Chipset merupakan potongan – potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Merupakan bagian integral pada motherboard dan tidak dapat dicabut atau di upgrade. Pada tiap komponen komputer memiliki paling tidak terdapat satu chipset. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (Input Output) yang mendasar dari komputer. Northbridge menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI (menghubungakan langsung prosessor melalui FSB/Front Side Bus), Southbridge mengontrol bus IDE,USB,PnP, PCI to ISA, keyboard dan mouse, power management dan lain – lain. Southbridge lebih lambat dari northbridge dan informasi dari CPU harus melewati Northbridge sebelum sampai ke Southbridge Seluruh komponen komputer berkomunikasi dengan CPU melalui Chipset.
4.Chip BIOS (Basic Input/Output System), untuk mengendalikan kebanyakan fungsi dasar pada komputer dan melakukan self test setiap kali menyalakan komputer yang gunanya untuk mempersiapkan semua hardware yang kemudian menjalankan Operating System ,sehingga aplikasi yang terdapat dalam sistem dapat mengontrol kerja komputer. Bios sendiri tersimpan dlam Flash RAM dengan kapasitas sekitar 2-4 MB.
5.ALU (Arithmetic and Logical Unit) yaitu bagian dari CPU yang berguna untuk memperoses data secara logika dan juga data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.
6.Chip Real Time Clock yang beroperasi dengan baterai untuk menjaga setting dasar dan waktu sistem.
7.Chip VGA (Video Graphic Accelarator), yaitu untuk mengatur grafis dan rendering grafis 3D dan output dari gambar ke monitor. Chip ini hanya ada pada motherboard yang memiliki VGA on board saja.
8.Chip Soundcard, fungsinya untuk mengontrol output suara yang dihasilkan dari komputer ke speaker atau line in ke komputer untuk diproses.
9.Chip Networking/LAN (Local Area Networking),dimiliki pada komputer model terbaru yang berguna apabila digunakan dalam sistem workstation/jaringan.
10.Chip Wireless LAN yang mengusung koneksi networking tanpa kabel.
11.Chip Raid Controller fungsinya mengontrol penggunaan RAID pada komputer. RAID sendiri adalah gabungan 2 buah harddisk dengan kecepatan tinggi yang aman dan simultan.
12.Chipset Khusus biasanya chip ini sengaja dimasukkan oleh vendor/produsen motherboard yang fungsinya untuk pengendalian sistem dan memacu kinerja komputer diatas rata-rata/normal, istilah ini sering disebut dengan Overclocking. Overclock sendiri yaitu mengubah frekuensi standar Processor dan komponen lainnya (memory dan VGA card) menjadi lebih tinggi untuk mendapatkan speed tinggi.
13.Chip RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter) merupakan chip pengontrol VGA yang mengatur color pallete dan convert data dari memory ke sinyal analog di monitor.

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Jumlah Pengunjung